Sambut Pentas PAI IX 2019, Gladih Paduan Suara dan Drama di Padati Pengunjung

  • Whatsapp

Menyambut pembukaan Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) ke IX tahun 2019, para Panitia, dari panitia pusat serta daerah melaksanakan gladi bersih (gladih) di Asrama Haji Sudiang, Makassar. Pelaksanaan gladih, terlihat dipadati banyak pengunjung dari kalangan calon peserta Pentas PAI.

Paduan suara Ibu guru PAI SD dari Kelompok Kerja Guru (KKG), turut serta dalam gladih. Lantunan lagu Indonesia raya dan Mars PAI Nasional yang terdengar merdu, memperlihatkan kesiapan untuk tampil esok hari. Tampil sebagai dirigen, guru MAN 2 Makassar, Dr. Asri Hidayat.

Muat Lebih

“Paduan suara terdiri dari Ibu Guru PAI SD Kelompok Kerja Guru (KKG),” jelas Guru MAN 2 itu di Asrama Haji Sudiang, Rabu, (09/10/2019).

Kesiapan tampil esok, juga terlihat dalam gladih dari SMA 2 Makassar yang siap membawakan drama kolosal. Dalam gladih, mereka tampak begitu antusias. Pelatih sekaligus pembina SMA 2 Makassar Asmaul Husna menjelaskan, drama kolosal yang rencana untuk ditampilkan, membawa tema, “PAI Masa Lalu dan Masa Sekarang”. Drama ini memuat kisah tentang VOC, sejarah pendidikan dahulu dan sekarang, etika anak di era sekarang terhadap guru dan orang tua, serta fenomena bullying.

“Kami mengangkat tema PAI masa lalu dan masa sekarang dengan isi cerita VOC, sejarah pendidikan dahulu dan sekarang, pola sikap anak, dan bullying” pungkas Asmaul Husna.

Diketahui, sebagaimana beberapa waktu lalu dijelaskan oleh Dr. H. Rohmat Mulyana Sapdi, M.Pd., Direktur Pendidikan Agama Islam pada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama, bahwa kegiatan Pentas PAI merupakan agenda dua tahunan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam bidang kreatifitas dan seni Lebih lanjut dipaparkan, Pentas PAI tahun ini akan melombakan 10 cabang perlombaan.

Diterangkan Rahmat, delapan cabang perlombaan yang lama yaitu Musabaqoh Tilawatil Qur`an, Lomba Pidato PAI, Musabaqoh Hifzhil Qur`an, Lomba Cerdas Cermat PAI, Lomba Kaligrafi Islam, Lomba Seni Nasyid, Lomba Debat PAI, Lomba Kreasi Busana. Sementara cabang perlombaan yang baru adalah lomba Cerita Remaja Islam dan Karya Ilmiah Remaja PAI.pendidikan agama Islam. Even ini akan menjadi ajang kompetisi bagi peserta terbaik perwakilan 34 provinsi.

Sementara itu, Kasi Kesiswaan Subdit PAI pada SMA/SMK, Hery Anshari Zakaria menyatakan Pentas PAI tahun ini akan mengambil tema “Keberagamaan Generasi Milenial Yang Moderat”. Desain kegiatan tidak sekedar kompetisi akan tetapi juga proses internalisasi nilai-nilai moderasi beragama, kejujuran dan disiplin bagi peserta.

“Tema-tema perlombaan seperti dalam lomba pidato, debat, nasyid, cerdas cermat telah didesain khusus sehingga diharapkan dapat menumbuhkan sikap disiplin, religius dan moderat di lingkungan sekolah,” jelas Hery.

  • Whatsapp

Pos terkait