Habib Abu Djibril Basyaiban : MAULID BIDAH…

  • Whatsapp

Jakarta – Banyak golongan yang tidak paham apa arti maulid. Bahkan persoalan maulid menjadi permasalahan yang mendasar terhadap keyakinan dalam beragama.

Habib Abu Djibril Basyaiban Saat Ceramah dan Pengajian

Habib Abu Djibril Basyaiban selaku Pembina Pesantren RI-1 menjelaskan, mencintai tidak perlu dalil, apakah salah ketika orang menyebut-nyebut yang dicintai, apalagi yang dicintai adalah manusia yang paling dicintai oleh Allah SWT.

Muat Lebih

“Kita harus bersyukur kepada Allah SWT karena kita dilahirkan sebagai ummat Nabi Muhammad SAW dan cinta akan sholawat,” ucap Habib Abu Djibril Basyaiban dalam sebuah acara Maulid Nabi Muhammad di Jakarta, Sabtu (9/11/2019).

Beliau menyebutkan salah satu hadis Qudsi yang berbunyi:

لَوْلَاكَ لَوْلَاكَ يَا مُحَمّد لما خَلَقْتَ الأَفْلَاك 

Artinya: Jika bukan karena engkau wahai Muhammad, tidak akan aku ciptakan alam semesta ini. 

Lebih jauh, Habib Abu Djibril menegaskan bahwa Kelahiran Nabi Muhammad SAW merupakan anugerah dan kado terindah bagi umat manusia dari Allah yang wajib kita syukuri. 

Habib Abu Djibril juga menyebutkan Firman Allah yang berbunyi :

لَقَدْ مَنَّ اللهُ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ إِذْ بَعَثَ فِيهِمْ رَسُولًا

Artinya: “Sungguh-sungguh Allah ta’ala telah memberikan karunia bagi orang-orang beriman tatkala Dia mengutus bagi mereka seorang Rosul”. (QS Ali Imran: 164)

“Dan bersholawat merupan perintah Allah bagi orang-orang yang beriman. Jika ada orang yang masih memperdebatkan maka keimanannya perlu dipertanyakan,” tandas Beliau.

Habib Abu Djibril Basyaiban yang merupakan keturunan dari Nabi Muhammad SAW juga menerangkan Firman Allah terkait perintah untuk bersholawat kepada Nabi Muhammad.

Surat Al-Ahzab Ayat 56

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا
Artinya : Sesungguhnya Allah dan para malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.

Dengan adanya perintah dari Allah langsung untuk bersholawat kepada Nabi Muhammad, Habib Abu Djibril Basyaiban menegaskan bahwa bersholawat adalah perintah.

“Kalau melihat ayat Al-Quran tersebut, masih adakah yang berani membid’ahkan setelah melihat dalil yang jelas dalam al-Qur’an,” ucap Habib Abu Djibril.

“Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Semoga senantiasa kita akan menjadi hamba yang diberikan keberkahan umur dan keluarga kita tercatat sebagai pencinta Rosulillah dan kelak akan dikumpulkan bersama beliau Rosulillah Muhammad SAW. Aamiiin,” ucap Habib mengakhiri.

  • Whatsapp

Pos terkait